Praktek Klinik Parasitologi

Pewarnaan sediaan darah filaria

  1. Setelah darah kering oleh udara, hal pertama yang dilakukan sebelum pewarnaan adalah proses hemolisa atau menghilangkan warna merah darah.
  2. Mengambil air jernih dari kran , kedalam gelas kimia.
  3. Mengambil air jernih yang ada di gelas kimia tersebut menggunakan pipet kemudian diteteskan diatas kaca sediaan darah hingga menutupi seluruh sediaan darah yang ada, lalu menunggu beberapa menit
  4. Setelah warna merah terangkat, bersihkan slide dengan menggunakan air jernih yaitu dengan cara memegang slide membentuk sudut (miring) kemudian ditetesi dengan air jernih tetes demi tetes menggunakan pipet dari atas hingga air yang menetes terlihat jernih
  5. Setelah itu, sedian darah difiksasi / direkatkan dengan menggunakan methanol, yaitu dengan cara meneteskan methanol diatas sediaan darah hingga menutupi seluruh permukaan sediaan darah, lalu menunggu beberapa menit.
  6. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan air jernih secara perlahan hingga air yang menetes terlihat jernih
  7. Membuat larutan pewarnaan dengan perbandingan 1 tetes giemsa : 7 tetes akuadest, letakkan digelas kimia. Goyang-goyangkan agar homogen.
  8. Setelah itu, melakukan pewarnaan dengan cara meneteskan larutan pewarnaan tersebut ke sediaan darah dengan menggunakan pipet hingga menutupi seluruh permukaan darah.
  9. Menunggu 10-15 menit
  10. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan air mengalir hingga air yang menetes terlihat jernih
  11. Keringkan / biarkan kering oleh udara.
Iklan

One thought on “Praktek Klinik Parasitologi

  1. Untuk sediaan tetes tebal baik untuk filaria maupun malaria sebaiknya tidak difixasi dengan methanol, dikhawatirkan dapat mempengaruhi morfologi parasit yang ada dalam sediaan karena sudah melalui proses hemolisis. Bila sediaan apus dianjurkan difixasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s