PIALA DADAKAN

Kembali lagi ni…. 🙂 membawa pialaa… 🙂

Kabar hari ini adalah ada “PIALA dadakan dirumah Q”. Hihihi,,woow piala apaan tuh??

Pgen tau ceritanya..??

#ketawanya nanti ajaa….
😛

Begini kakak2… dulu, sekitar tahun 2005.an..di kampung q lg gencar2nya sebuah kesenian. Kesenian adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, kesenian juga mempunyai fungsi lain. Misalnya, mitos berfungsi menentukan norma untuk perilaku yang teratur serta meneruskan adat dan nilai-nilai kebudayaan. Secara umum, kesenian dapat mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat.

Kesenian yang lagi genjar ditahun itu adalah orang sini nyebutinnya “TEK_TEK” atau perpaduan musik antara angklung, gambang, kenthong, dll. Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

Dari perpaduan yang ada tersebut,,jadilah musik2 yang merupakan salah satu kesenian. Di berbagai kelurahan di Banjarnegara memiliki grup masing2. Grup di kampung halaman Q namanya “Pringgodhani” yang dalam bahasa jawa artinya “pring sing bisa menggoda” atau bambu yang bisa menggoda. Waah…(Lucu) 🙂

Dalam satu grup bisanya anak cowok2 yang memainkan alat musiknya dan anak cewek yang menari. Hahai..(pernah jd penarinya hihi 🙂 ). Dan berawal pada tahun 2005 di Banjarnegara sering diadakan festival tek-tek se kabupaten. (yang pasti grup Pringgohani ikut berpatisipasi). Selain pada ffestival juga kadang dimainkan pada orang2 yang punya hajatan seperti sunatan, pernikahan, dan lain-lain. Dari beberapa perlombaan yang diikutsertakan, Pringgodhani mendapatkan 3 piala yaitu:

  1. Juara II Bupati Cup Parade Tek-Tek Se-Kabupaten Banjarnegara tahun 2005
  2. Juara I Festival Tek-Tek Bupati Cup Banjarnegara
  3. Juara III Festival Thek-Thek Se-Wilayah Banyumas TRMS Seruling Mas Banjarnegara 25-26 Maret 2006.

Yang biasanya piala tersebut diletakkan di rumah Ketua RT. Berhubung bapak sedang jd Ketua RT,, (padahal masa jbatannya uda mau abiis..) ee..tiba2 ada 2 anak kecil kerumah sambil membawa piala2 itu kemariin..dr rumah mantan ketua RT yg lalu (ahahaaaaaaaa gg pnting bgt ya..!!). yah..tp gpp,,bisa buat nambah2 menuhin barang dirumah..
wkwk..tapi kata ibuQ.. (hah..ada2 saja,,piala dadakan kaia gini.) 🙂

 

Iklan

One thought on “PIALA DADAKAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s