Tikus…

Sahabat Blog….

Siapa yg tkut dg hewan yg satu ini…..

Hihi…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TIKUS..Yaah..Nama yang sudah tidak asing lg tentunya, dan bahkan hampir smua org pernah melihatnya. Biasanya,,keberadaan hewan ini tidak dikehendaki oleh orang karena menjijikan. Tikus dan mencit termasuk familia Muridae dari kelompok mamalia (hewan menyusui). Para ahli zoologi (ilmu hewan) sepakat untuk menggolongkannya kedalam ordo Rodensia (hewan yang mengerat), subordo Myomorpha, famili Muridae, dan sub famili Murinae. Untuk lebih jelasnya, tikus dapat diklasifikasikan sbb :

Dunia            : Animalia

Filum             : Chordata

Sub Filum    : Vertebrata

Kelas             : Mammalia

Subklas         : Theria

Ordo              : Rodentia

Sub ordo      : Myomorpha

Famili            : Muridae

Sub famili    : Murinae

Genus           : Bandicota, Rattus, dan Mus

Tikus dikenal sebagai binatang kosmopolitan yaitu menempati hampir di semua habitat. Habitat dan kebiasaan jenis tikus yang dekat hubungnnya dengan manusia adalah sebagai berikut :

R. norvegicus

Menggali lubang, berenang dan menyelam, menggigit benda-benda keras seperti kayu bangunan, aluminium dsb. Hidup dalam rumah, toko makanan dan gudang, diluar rumah, gudang bawah tanah, dok dan saluran dalam tanah/riol/got.

R. ratus diardii

Sangat pandai memanjat, biasanya disebut sebagai pemanjat yang ulung, menggigit benda-benda yang keras. Hidup dilobang pohon, tanaman yang menjalar. Hidup dalam rumah tergantung pada cuaca.

M. musculus

Termasuk rondensia pemanjat, kadang-kadang menggali lobang, menggigit  hidup didalam dan diluar rumah.

Rodensia / tikus termasuk binatang nokturnal, keluar sarangnya dan aktif pada malam hari untuk mencari makan. Untuk itu diperlukan suatu kemampuan yang khusus agar bebas mencari makanan dan menyelamatkan diri dari predator (pemangsa) pada suasana gelap.

Kemampuan alat inderanya:

Mencium

Rodensia mempunyai daya cium yang tajam, sebelum aktif/keluar sarangnya ia akan mencium-cium dengan menggerakkan kepala kekiri dan kekanan. Mengeluarkan jejak bau selama orientasi sekitar sarangnya sebelum meninggalkannya. Urin dan sekresi genital yang memberikan jejak bau yang selanjutnya akan dideteksi dan diikuti oleh tikus lainnya. Bau penting untuk Rodensia karena dari bau ini dapat membedakan antara tikus sefamili atau tikus asing. Bau juga mem- berikan tanda akan bahaya yang telah dialami.

Menyentuh

Rasa menyentuh sangat berkembang dikalangan rodensia komensal, ini untuk membantu pergerakannya sepanjang jejak dimalam hari. Sentuhan badan dan kibasan ekor akan tetap digunakan selama menjelajah, kontak dengan lantai, dinding dan benda lain yang dekat sangat membantu dalam orientasi dan kewaspadaan binatang ini terhadap ada atau tidaknya rintangan didepannya.

Mendengar

Rodensia sangat sensitif terhadap suara yang mendadak. Disamping itu rondesia dapat mendengar suara ultra. Mengirim suara ultrapun dapat.

Melihat

Mata tikus khusus untuk melihat pada malam hari, Tikus dapat mendekteksi gerakan pada jarak lebih dari 10 meter dan dapat membedakan antara pola benda yang sederhana dengan obyek yang ukurannya berbeda-beda. Mampu melakukan persepsi/perkiraan pada jarak lebih 1 meter, perkiraan yang tepat ini sebagai usaha untuk meloncat bila diperlukan.

Mengecap

Rasa mengecap pada tikus berkembang sangat baik. Tikus dan mencit dapat mendekteksi dan menolak air minum yang mengandung phenylthiocarbamide 3 ppm, pahit. Senyawa racyu.

Kemampuan fisiknya:

Menggali

R. norvegicusadalah binatang penggali lubang. Lubang digali untuk  tempat perlindungan dan sarangnya. Kemampuan menggali dapat  mencapai 2-3 meter tanpa kesulitan.

Memanjat

R. komensal adalah pemanjat yang ulung. Tikus atap atau tikus rumah yang bentuk tubuhnya lebih kecil dan langsing lebih beradaptasi untuk memanjat dibandingkan dengan tikus riol/got. Namun demikian kedua spesies tersebut dapat memanjat kayu dan bangunan yang permuka- annya kasar. Tikus riol/got dap memanjat pipa baik di dalam maupun di luar.

Meloncat dan melompat

R.norvegicus dewasa dapat meloncat 77 cm lebih (vertikal). Dari keadaan berhenti tikus got dapat melompat sejauh 1,2 meter.M. musculus meloncat arah vertikal setinggi 25 cm.

Menggerogoti

Tikus menggerogoti bahan bangunan/kayu, lembaran almunium mau- pun campuran pasir, kapur dan semen yang mutunya rendah.

Berenang dan menyelam

Baik R. norvegicus, R. rattus danM. musculus adalah perenang yang baik. Tikus yang dusebut pertama adalah perenang dan penyelam yang ulung, perilaku yang semi akuatik, hidup disaluran air bawah tanah, sungai dan areal lain yang basah.

Ternyata..tikus pintar juga yah….. 😀

Walaupun dy lucuu,,tp..dy bsa mnjadi vector penular penyakit lho…makanya…jaga rumah tmen2 sebersih mungkiin,,biar gg jd sarang tikus…soo..bsa terhindar dr penyakit yag dibawanya deh,,

Okeyy..

12 thoughts on “Tikus…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s